Friday, February 8, 2008

Pembelajaran Berbasis TIK



Pembelajaran adalah suatu proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Belajar dalam pengertian aktivitas dari peserta didik (pelajar) dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat relatif konstan



Belajar itu Mencari Apa?




  1. Pengetahuan

  2. Ketrampilan

  3. Teknik

  4. Sikap

  5. Pengalaman



Belajar Meningkatkan Kecerdasan




  1. Linguistik: kecerdasan kata-kata

  2. Logika-matematika: kecerdasan nomor & sebab-akibat

  3. Spasial: kecerdasan image & gambar-gambar

  4. Musikal: kecerdasan tone, thythm, dan timbre

  5. Interpersonal: kecerdasan memahami sosial

  6. Intrapersonal: kecerdasan memahami diri sendiri



Perubahan Dalam Pembelajaran


1. Pembelajaran terpusat pada Siswa


2. Pembelajaran mengarah pada pemecahan masalah Pembelajaran Aktif


3. Pembelajaran berbasis proyek



Efektifitas Pembelajaran



Efektif 30%


1. Guru yang baik


2. Fasilitas pendidikan yang baik


3. Bahan ajar yang bermutu baik


4. Adanya kemauan dari siswa



Efektif 50%


1. Laboratorium


2. Alat peraga



Efektif 90%


1. Multimedia


2. Simulasi Interaktif



Efektif 100%?



Kemampuan Memori Memahami Pengetahuan


10 % Membaca


20 % Mendengar


30 % Melihat


50 % Melihat & Mendengar


80 % Berbicara


90 % Berbicara dan melakukan (interaktif)


Media Pembelajaran


Segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, ketrampilan, dan sikap), serta dapat merangsang pikiran, perasan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan, dan terkendali



Peran TIK dalam Pembelajaran


Pengertian TIK




  1. Teknologi; cara mensinergikan peralatan yang digunakan (hardw/softw), supaya mampu dimanfaaatkan maksimal

  2. Informasi ; text, grafik, gambar, audio, video, animasi yang mampu memberikan makna bagi orang lain.

  3. Komunikasi; hubungan satu dengan lainnya untuk saling bertukar data dan informasi

  4. Komputer; suatu peralatan (hardware/ Software) yang digunakan untuk mengelola konten informasi

  5. Konten; informasi seperti; text, grafik, gambar, audio, video, animasi yang mampu memberikan makna bagi orang lain.



Potensi TIK Dalam Pembelajaran




  1. Searching; search engine

  2. Collecting, MP3, garfik, animasi, video

  3. Creating, membuat web, membuat game

  4. Sharing, web pages, blog

  5. Communicating, e-mail, IM, chat

  6. Coordinating, workgroups, mailing list

  7. Meeting, forum, chatroom

  8. Socializing, beragam kelompok sosial on line

  9. Evaluating, on line test, on line advisor

  10. Buying-Selling on line

  11. Gaming, game on line

  12. Learning, jurnal on line, riset on line




Keunggulan Multimedia Pembelajaran




  1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron

  2. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gunung, laut, gajah, dll

  3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit, dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, berkembangnya bunga, dll

  4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh seperti bulan, bintang, matahari,salju, dll

  5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi

  6. Meningkatkan daya tarik siswa



Komponen Multimedia




  1. Teks

  2. Foto

  3. Gambar

  4. Audio

  5. Video

  6. Animasi



Gambar Diam




  1. Menampilkan satu objek tunggal

  2. Memberi kesempatan audience utk mengamati lebih lama

  3. Bisa menunjukkan hubungan skematik atau struktur



Gambar Bergerak




  1. Visualisasi proses

  2. Membawa audience untuk memperhatikan sesuatu detil

  3. Menunjukkan hubungan antar objek



Animasi




  1. Memvisualisasikan gagasan/khayalan

  2. Menghidupkan sesuatu yang mati, diam

  3. Menyederhanakan proses yang rumit, sulit

  4. Menggantikan atau menirukan benda sebenarnya

  5. Mempercepat atau memperlambat



Simulasi




  1. Menunjukkan sebab akibat

  2. Virtual laboratorium



Teks




  1. Menyederhanakan konsep yang rumit

  2. Perlu kesamaan, kesepakatan persepsi/budaya



Suara, Musik, FX




  1. Mendukung gambar

  2. Menyampaikan pesan verbal

  3. Membangun suasana

  4. Membangun emosi



Pengertian Lab. Multimedia




  1. Merupakan fungsional laboratorium (tempat praktikum) yang mampu memfasilitasi beberapa aktivitas praktikum sekolah dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)





  1. Yang dimaksud beberapa aktivitas praktikum sekolah adalah aktivitas praktikum yang tidak dapat dilayani oleh laboratorium konvensional (Lab. Bahasa, Lab. IPA, dan Lab. Komputer), tetapi dapat dilayani oleh Laboratorium Multimedia dengan menggunakan teknologi multimedia dan simulasi komputer



Layanan Lab. Multimedia




  1. Interaksi antara Guru-Murid dan Murid-murid

  2. Penayangan Video Pembelajaran

  3. Latihan Mata Pelajaran Interaktif (online)

  4. Simulasi Kasus berbasis multimedia

  5. Operasionalisasi eAudioBook

  6. Operasionalisasi eBook

  7. Menyediakan Ensiklopedi Digital


Isi Lab. Multimedia


Hardware:




  1. Komputer (1 Server, 1 guru, 1 produksi, 40 siswa) dalam Jaringan

  2. Head Set, Webcam (sejumlah komputer yang ada)

  3. LCD, Screen Proyektor, Audio Mixer, digital Camera, Video Camera, Tape player/recorder, Sound system, White Board, Meja-Kursi

  4. AC, Almari, Rak (Server, CD, Buku)


Software:




  1. Sistem Operasi Berlisensi

  2. Network Administration & Network Communication (NetMeeting)

  3. Software Lab. Bahasa (NetOP Teacher & NetOP Student)

  4. Software Pembelajaran



No comments: